3 Elemen Penting Komputer


3 Elemen  Penting dalam Komputer
Didalam komputer terdapat elemen elemen penting yang membentuk suatu komputer sehingga komputer tersebut dapat bekerja dengan baik atau semestinya. Elemen ini juga harus ada di dalam komputer karena jika salah satu elemen ini tidak ada komputer tidak dapat bisa menjalankan kinerja sistemnya dengan baik.
1.   Pengertian Hardware 
Hardware atau perangkat keras adalah suatu alat yang dapat dilihat dan diraba oleh panca indra manusia (perangkat fisik) yang berfungsi untuk melakukan proses pemasukan data (input), Proses pengolahan data (proses) dan keluaran data (output). Contoh Hardware :

1.         Perangkat masukan(input), Adalah alat masukan dari luar  perangkat ke dalam perangkat. Contoh perangkat input :
A.       Mouse
B.     Keyboard
C.     Joystick
D.     Barcode dll.

2.         Perangkat pemrosesan, Merupakan hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukan dari pengguna(user). Contohnya :
A.      CPU
B.       ALU
C.       ROM

3.         Perangkat keluaran(output), Adalah alat keluaran dari dalam perangkat ke luar perangkat. Contohnya :
A.       Monitor
B.       Speaker
C.       Printer dll.

4.         Penyimpanan, Adalah alat yang digunakan untuk menyimpan data   dalam jangka waktu panjang. Contohnya :
A.       Hardisk(HDD)
B.       SSD
C.       Flashdisk

5.         Peripheral, Adalah alat tambahan yang mempunyai kegunaan sebagai alat pelengkap pada suatu sistim komputer. Contohnya :
A.       LAN Card
B.       Modem
C.       Router
2.  Pengertian Software
Software atau perangkat lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang diformat kemudian disimpan secara digital. Software adalah komponen yang tidak terlihat secara fisik tetapi terdapat dalam sebuah komputer. Contoh software :
1.     Sistem operasi, Merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan antara hardware dengan pengguna/user.
2.     Software aplikasi, Merupakan software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Contohnya seperti Libre office, Microsoft office, dan lain lain.
3.     Bahasa pemograman, Merupakan bahasa khusus digunakan untuk membuat program atau memerintah suatu program tertentu.


3.  Pengertian Brainware
Brainware atau perangkat manusia adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Contoh dari brainware :
1.    Programmer
2.     Analis
3.     User
4.     Operator
5.     Teknisi

Hubungan Hardware Software dan Brainware
Apabila Hardware atau perangkat keras komputer ada tanpa Software, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Karena terciptanya Software untuk mengisi fungsionalitas pda komputer tersebut sehingga terciptalah sebuah komputer yang memiliki fungsi untuk digunakan.
Apabila Hardware dan Software komputer telah tercipta namun, tidak terdapat Brainware untuk mengoperasikannya. Maka komputer tersebut hanyalah sebagai mesin yang tidak memiliki fungsi, bisa dikatan hanyalah sebuah robot yang diam.

Kesimpulan

Jadi, dapat kita ambil kesimpulan bahwa Hardware Software dan Brainware merupakan elemen penting yang harus dimiliki oleh setiap komputer. Karena dengan tidak adanya salah satu dari ketiga elemen tersebut komputer tidak dapat berfungsi.


Comments

  1. Makasih kak atas infonyaa..ilmu nya benar " sangat bermanfaat 😁
    Terima Kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transfer File tanpa Flashdisk atau Aplikasi