Transfer File tanpa Flashdisk atau Aplikasi


Transfer file tanpa Flashdisk atau Aplikasi
Apakah kalian tahu aplikasi Share-it? Ya, aplikasi ini sudah tidak asing lagi kan di telinga kita pasti di setiap smartphone kita sudah mempunyai aplikasi yang satu ini karena kelebihannya yaitu kecepatan transfer file yang melebihi Bluetooth. Tapi bagaimana caranya jika kita transfer file dari laptop ke laptop/PC ke PC tanpa menggunakan aplikasi? Mari kita coba!

A. Siapkan peralatannya :
1.  Smartphone
2.  Dua buah laptop yang akan melakukan transfer file atau data.

B.  Lakukan langkah langkahnya seperti ini :
1.  Nyalakan Teathring/Hotspot pada Smartphone kalian. Pastikan Data dalam kondisi mati.

2.  Lakukan langkah ini pada kedua laptop kalian.
Hubungkan kedua laptop ke wifi Smartphone.
3.  Pergi ke control panel - Network & Internet - Homegroup - Change advanced sharing settings.
Ubah settingannya menjadi seperti ini. Lalu klik Save changes.




4.  Jika sudah, klik tombol kembali lalu pilih Network and sharing center - Change adapter settings - Klik kanan pada wifi - properties - Klik 2x internet protocol version 4(TCP/IPv4) - Use the following IP Address. Dan ketikan seperti ini
Note : angka paling belakang pada IP Address(20) ketikan asal saja Yang penting tidak sama angkanya di kedua laptop

5.   Pada salah satu laptop, Pilih file apa saja yang akan dikirim. Buatkan kedalam satu folder - Klik kanan pada folder - Share with - Spesific people - Klik ^  - Pilih everyone - Add - Pada everyone klik  ^  - Pilih Read/Write - Share & Done.



6.  Pada laptop yang kedua/laptop yang menerima file yang dikirim. Pergi ke file explorer - Klik Network - Ketikan IP Address laptop tadi yang dipakai untuk transfer file - Enter - Copy paste file yang ada di folder - Pindahkan ke disk anda.

7.  Jika transfer file sudah selesai. Ubah kembali IP Address yang telah diubah tadi, Control panel - Network and Internet - Network and sharing center - Change adapter settings - Klik kanan pada Wifi - Properties - Klik 2x internet protocol version 4(TCP/IPv4) - Obtain an IP Address automaticely.

Kesimpulan
Transfer file ini dapat dilakukan jika kalian tidak mempunyai flashdisk, Ataupun alat transfer file lainnya. Dalam menggunakan cara ini kalian dapat menghemat lebih banyak waktu karena tidak 2x kerja seperti pada flashdisk. Kecepatan transfer file dengan cara ini juga sangat cepat layaknya di aplikasi Share it pada smartphone. So apakah ini solusi dari maraknya flashdisk KW yang beredar di Indonesia? Coba kasih pendapat di kolom komentar


   



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

3 Elemen Penting Komputer